Senin, 02 November 2015

Mitos Goa Gunung Putri

Apakah anda tahu tentang gua gunung putri….? Simak Artikel berikut ini,

Selain indah Gunung Putri di Cililin, Bandung Barat, juga memiliki mitos yang menarik. Barang siapa meminum air dari mata air Gua Gunung Putri, dipercaya akan enteng jodoh.

Alamnya yang  masih utuh dan belum terjamah membuat pengunjung terpesona dengan keindahan pegunungan dengan air yang terjun kebawah. Dari jembatan yang cukup kuno terlihat masih hijaunya pegunungan putri. Disisi yang lain hamparan padi bak karpet yang tergelar seakan menyambut tamu yang akan ke puncak gunung.
unduhanUniknya, Wisata Gunung Putri terdapat gua yang dinamakan sama, Gua Gunung Putri. Di gua tersebut mengalir air yang tak pernah kering. Oleh masyarakat setempat, air tersebut dipercaya dapat menyehatkan badan dan bisa langsung diteguk.

Barang siapa yang membasuh muka dengan air tersebut juga dipercaya enteng jodoh. Sumber air yang terletak di tengah-tengah perjalanan yang melelahkan dan dahaga menuju puncak gunung tersebut menggoda pengunjung untuk mencicipi sumber mata air gua gunung putri

Tersebarnya mitos Gua Gunung Putri dengan legenda yang berkembang di masyarakat, yakni kisah lamaran yang batal. Dahulu kala, Pangeran Asep Roke yang hendak melamar Putri kesiangan sudah menyiapkan seserahan, mas kawin untuk melamar, akhirnya batallah pernikahan tersebut karena pangeran yang terlambat. Karena itu, gunung yang dipisahkan oleh Sungai Cibitung dari Gunung Putri oleh masyarakat dinamai Gunung Asep Roke, dan tak jauh dari gunung tersebut dikenal dengan Gunung Haweyon.

Perjalanan yang terjal dan menanjak terbayar saat sampai di puncak. Dari puncak, meander Sungai Cibitung tampak mengalir di antara lembah Gunung Putri dan Asep Roke. Di puncak gunung dapat ditemukan gerabah dan perabotan masa lampau, dan terdapat pula batu yang disebut batu masek. Konon ceritanya, patok Kerajaan Pajajaran ada di Gunung Putri.

Batu Munding Laya oleh masyarakat juga dipercaya sebagai kerbau yang dibawa oleh Pangeran Asep Roke sebagai seserahan, disebut batu munding laya karena batu tersebut menyerupai kerbau yang tertidur. Selain Batu Munding Laya, ada pula batu Mukapayung, merupakan payung yang juga dibawa saat pernikahan.

Lokasi Wisata Bandung ini terletak 35 kilometer dari Kota Bandung, tepatnya berada di Kabupaten Bandung Barat. Paling enak mengaksesnya dengan kendaraan pribadi.
img_0076
Bagi pecinta petualangan dan penyuka geowisata, tak akan menyesal dengan kawasan yang belum cukup terpublish ini. Kawasan yang jauh dari hiruk pikuk keramaian, cocok untuk menenangkan hati dan pikiran penat.

Tertarik untuk liburan ke Goa Gunung Putri? Di jamin tidak akan mengeluarkan isi kantong terlalu banyak. Mudah saja untuk menghubungi kami. Anda hanya perlu klik laman web www.travatour.com. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengirimkan surel ke alamat info@travatour.com. Sementara untuk airline ticketing, langsung saja kirimkan surel Anda ke alamat ticketing@travatour.com. Anda juga bisa berkunjung lansung ke kantor Travatour, di Wahana Bakti Pos, 5th floor, Bridge office, Jl. Banda 30, Bandung. Mari wisata bersama!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar